Selasa, 14 Mei 2013

Komentar Jurnal : PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN


Komentar Terhadap Jurnal Dengan Judul
PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN Karya Muksin Wijaya


Disusun oleh :
Ali Mursidi                 Q100120121 
 Kelas                                          1B


PROGRAM PASCASARJANA
MAGISTER MANAJEMEN PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
2013
 

Komentar Terhadap Jurnal Dengan Judul
PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN Karya Muksin Wijaya

I.                   PENDAHULUAN
Saat ini perkembangan teknologi informasi mengalami perkembangan yang sangat cepat. Perkembangan ini mempunyai pengaruh yang kuat bukan hanya terhadap teknologi informasi itu sendiri namun juga terhadap totalitas hidup ini. Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat ini membawa dampak yang begitu besar bagi pola hubungan antar individu, antar komunitas, bahkan antar negara atau bangsa.
Bidang yang mendapatkan dampak yang cukup berarti dengan perkembangan teknologi ini adalah bidang pendidikan, dimana pada dasarnya pendidikan merupakan suatu proses komunikasi dan informasi dari pendidik kepada peserta didik yang berisi informasi-informasi pendidikan, yang memiliki unsur-unsur pendidik sebagai sumber informasi, media sebagai sarana penyajian ide, gagasan dan materi pendidikan serta peserta didik itu sendiri.

II.                KOMENTAR
Jurnal yang berjudul Pemanfaatan teknologi inforamsi dan komunikasi dalam pembelajaran karya Muksin Wijaya sudah cukup bagus karena isi dari jurnal tersebut sangat komprehensif membahas tentang manfaat TIK bagi pembelajaran. Dalam jurnal tersebut telah dipaparkan manfaat dari TIK. Setidaknya ada lima manfaat dari pemanfaatan TIK dalam pembelajaran, diantara manfaat-manfaat tersebut adalah : a) Memberi kemudahan dalam akuisisi dan penyerapan ilmu pengetahuan secara tidak terbatas. b) Memberikan peluang untuk memperkuat sistem pendidikan. c) Meningkatkan kebijakan atau aturan di dalam memformulasikan dan mengeksekusi pendidikan. d) Mempersempit kesenjangan dunia pendidikan. e) Membuka keterisolasian ilmu pengetahuan. selain lima manfaat tersebut, jurnal diatas juga menguraikan bagaimana teknologi informasi dan komunikasi dapat: (1). Memperluas Akses Pendidikan, (2) Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik, (3). Meningkatkan Kualitas Pembelajaran, dan (4) Meningkatkan Transformasi Lingkungan Belajar.
Sealain memaparkan tentang manfaat dari penggunaan TIK, dipaparkan pula isu dan tantangan pemanfaatan TIK dalam pembelajaran, diantaranya dari segi (1). Efektifitas, mengacu pada pertanyaan apakah kualitas pembelajaran akan meningkat dengan didayagunakannya. (2). Biaya, secara umum integrasi teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran membutuhkan biaya yang tidak sedikit. (3). Ekuitas adalah keadilan bagi semua orang, semua golongan, semua gender untuk dapat menerima pendidikan dalam arti luas. dan (4). Faktor-faktor penopang daintaranya adalah factor ekonomi, social, politk, dan teknologi.
Tetapi dalam jurnal tersebut menurut kami masih ada kekurangan, karena dalam jurnal tersebut belum menjawab beberapa pertanyaan, diantaranya:  bagaimana penerapannya di lapangan secara langsung atau dalam tataran aplikatif, apakah pemanfaatan TIK sudah seperti yang diharapkan atau belum, kendala-kendala apa saja yang ada dalam pemanfaatan TIK sehingga belum semua orang atau sekolah merasa siap untuk memanfaatkannya. Kemudian apa sajakah yang menjadi kelemahan-kelemahan dalam pemenfaatan TIK, karena dalam setiap teknologi selain mempunyai sisi positif akan ada sisi negatifnya.

III.             SIMPULAN DAN SARAN
a.       Simpulan
Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi membawa pengaruh besar bagi setiap aspek kehidupan terutama dalam bidang pendidikan. namun dalam pemanfaatannya diperlukan kesiapan mental, fisik maupun finansial agar dalam penggunaanya dapat berasil secara efektif dan efisien.
b.      Saran-saran
Jurnal Pemenfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan kaya Muksin Wijaya sudah cukup bagus, tetapi hendaklah jurnal tersebut memuat fakta-fakta di lapangan mengenai implementasi pemenfaatan TIK dalam pembelajaran, sehingga pembaca mempunyai gambaran dan langkah-langkah inisiatif untuk mengantisipasi beberapa kelemahan-kelemahan dan kekurangan-kekurangan saat akan memanfaatkan TIK dalam pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar