Kamis, 23 Mei 2013

LAPORAN PEMANTAPAN KEMAMPUAN MENGAJAR (PKM)


LAPORAN
PEMANTAPAN KEMAMPUAN MENGAJAR (PKM)
PDGK4209


NAMA                                   : ALI MURSIDI
NIM                                        : 822336077
SEMESTER                          : IV
POKJAR                               : SEMARANG (SMP N 32
                                                  SEMARANG)
MASA REGISTRASI          : 2011.2


Tutor Pendamping:
SUTRI RAHAYU, S.Pd., M.Pd.

DEPARTEMEN PENDIDIKAN UNIVERSITAS TERBUKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM STUDI S1 PGSD
UNIT PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH (UPBJJ)
SEMARANG
2013
 


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Pendidikan adalah usaha sadar manusia untuk meningkatkan kulitas dirinya, baik personal maupun kolektif. Pendidikan juga merupakan suatu upaya manusia untuk memanusiakan dirinya dan membedakannya dengan makhluk lain. Untuk itu pendidikan menjadi penting, tatkala manusia berinteraksi dengan manusia lainnya dan pendidkanlah yang akan membedakan kualitas interaksi tersebut.
Pendidikan sebagai sebuah proses sangat dipengaruhi oleh peranan guru, artinya, guru yang akan menentukan apakah proses pembelajaran yang dilakukan akan membawa hasil secara maksimal sebagaimana diharapkan, ataukah tidak.
Untuk mencapai kesuksesan dalam pelaksanaan tugasnya, seorang guru harus memahami terhadap kesuksesannya dalam mengajar. Salah satu aspek penting yang menentukan terhadap keberhasilan pembelajaran adalah kompetensi guru.
Guru adalah pendidik professional dengan tugas utama adalah mendidik, mengajar, membimbing, melatih, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Ketegasan di atas menjelaskan bahwa guru harus memiliki sikap keprofesionalisme yang harus dimiliki. Profesional sendiri adalah suatu pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan seseorang dan menjadi sumber penghasilan kehidupan yang memerlukan keahlian, kemahiran, atau kecakapan yang memenuhi standar mutu atau norma tertentu serta memerlukan pendidikan profesi.
1
Peningkatan kualitas pendidikan guru di tingkat Sekolah Dasar (SD) diharapkan mampu meningkatkan kemampuan profesional guru Sekolah dasar (SD). Mengingat profesi guru SD merupakan pekerjaan yang tidak mudah  dilakukan kerena mengajar di Sekolah Dasar (SD) harus memiliki kemampuan menganalisis kebutuhan anak, mengambil  keputusan apa yang harus dilakukan, merancang pembelajaran yang efektif dan efisien, mengaktifkan anak melalui motivasi eskatrinsik dan instrinsik, mengevaluasi hasil pembelajaran serta merevisi pembelajaran berikutnya agar lebih efektif dan dapat meningkatkan prestasi belajar anak. Sehingga keputusan yang diambil dapat dipertanggungjawabkan secara moral, ilmiah dan profesional selaku pendidik.
Mengingat peran guru yang sangat strategis perlu dibekali kemampuan yang sangat dibutuhkan selaku guru Sekolah dasar (SD) maka dilakukan kegiatan Pemantapan Kemampuan MMengajjar (PKM) guna untuk melatih dan membekali guru dengan kemampuan menyelenggarakan (mempersiapkan, merancang, melaksanakan, mengevaluasi dan memberbaiki pembelajaran di SD berdasarkan prinsip-prinsip keilmuan pendidikan anak usia sekolah  dasar dan kependidikan keguruan yang dapat dipertanggungjawabkan kebenaarannya.
Berdasrkan pelaaksanaan kegiatan PKM yang telah dilaksanakan diharapkan memperoleh pengetahuan dan pengalaman dan untuk mengetaahui hasil pelaksanaan kegiatan Pemantapan Kemammpuan Mengajar (PKM) maka perlu disusun laporan hasil pelaksanaan kegiatan tersebut guna dijadikan acuan untuk pelaaksanaan pembelajaran lebih baik.

B.      Tujuan dan Manfaat mengikuti Kegiatan Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM)
1.      Tujuan
Kegiatan Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) mempunyai tujuan  dasar untuk meningkatkan kemampuan gguru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran secara efektif dan efisien, dengan harapan guru dapat memiliki kemampuan :
a.       Mempersiapkan pemmbelajaran, termasuk mengenali karakteristik dan kebutuhan belajar peserta didik.
b.      Menyususn rencana pembelajaran dengan menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran dan keilmuan bidang studi dengan tepat.
c.       Melaksanakan pembelajaran secara fektif dan efisien dengan mengacu pada rencana pembelajaran yang telah dibuat..
d.      Mengidentifikasi kelebihan dan kelemahannya dalam mengajar, melalui reefleksi
e.       Memperbaiki tindak pembelaajaran berikutnya dengan memperhatikan hasil evaluasi pembelajaran yang telah dilakukan sebelumnya.
f.       Mempertanggungjawabkan keputusan dan tindak pembelajaran yang dilakukan berdasarkan prinsip-prinsip keilmuan dan moral yang diacunya.
2.      Manfaat
Manfaat yang diharapkan setelah melaksannakan kegiatan PKM diantaranya adalah :
a.       Mempunnyai kemampuan untuk menilai kekuatan dan kelemahaan diri sendiri dalam merancang dan melakukan pembelajaran serta melakukan berbagai upaya untuk memperbaiki kekurangan dalam mengajar.
b.      Terbiasa mengambil keputusan dan melakukan perbaikan pembelajaran berdasarkan kaidah-kaidah  keilmuan yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
C.    Gambaran Umum Isi laporan
Secara umum isi laporan ini adalah latar belakang kegiatan PKM, tujuan dan manfaat mengikuti kegiatan PKM, berita acara, Silabus, RPP, APKG 1 dan APKG 2, lembar refleksi, lembar pengamatan dan jurnal bimbingan. Gambaran praktik mandiri RPP 1 sampai dengan RPP 12 termuat dalam table di bawah ini.
No.
RPP
Kelas
Mapel /Materi
Hari/tanggal
1
RPP 1
IV
Matematika / Bilangan Romawi
Selasa,
26 Feb 2013
2
RPP 2
IV
Bahasa Indonesia / Berbalas pantun
Kamis,
28 Feb 2013
3
RPP 3
V
IPA / Daur Air
Selasa,
5 Maret 2013
4
RPP 4
V
IPS / Perjuangan masa penjajahan Belanda
Kamis,
7 Maret 2013
5
RPP 5
I
PKN / Tata Tertib
Rabu,
13 maret 2013
6
RPP 6
IV
IPA / Gaya
Kamis,
14 Maret 2013
7
RPP 7
III
Matematika / Bangun Datar
Rabu,
20 Maret 2013
8
RPP 8
III
Bahasa Indonesia / Dongeng
Kamis,
21 Maret 2013
9
RPP 9
II
IPS / Kerjasama
Selasa,
26 Maret 2013
10
RPP 10
I
Tematik (IPA, IPS, Matematika) / Benda langit, Denah rumah dan Bangun datar
Rabu,
27 Maret 2013
11
RPP 11
IV
PKN / Globalisasi
Rabu,
3 April 2013
12
RPP 12
II
IPA / Manfaat dan pengaruh buruk sinar matahari
Jum’at,
5 April 2013

Tabel.1
Rincian kegiatan praktek mandiri PKM

Materi Pembelajaran PKM penekanannya pada merencanakan pembelajaran dan peningkatan penguasaan keterampilan dasar mengajar, diantaranya adalah keterampilan bertanya, memberi penguatan, mengadakan variasi, menjelaskan, membuka dan menutup pelajaran, membimbing diskusi, mengelola kelas dan keterampilan mengajar kelompok kecil ataupun perorangan.
Kesemua komponen tersebut perlu dikuasai oleh seorang guru  dalam prooses pembelajaran yang diharapkan dapat meninngkatkan kemampuan profesional sebagai seorang guru. Hal ini sangat penting, profesi mengajar merupakan pekerjaan yang tidak  mudah  dilakukan, sebab dalam mengajar terkandung kemampuan menganalisis materi pembelajaran dan kebutuhan siswa, mengambil keputusan yang harus dilakukan merancang pembelajaran (RPP) yang efektif  dan efeisien, mengaktifkan/memotivasi siswa untuk dapat belajar dengan sunguh-sungguh dan mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran.
Selama proses pembelajaran berlangsung maka seorang guru selalu merefleksikan tugas yang telah dilakukkan, sebab guru yang baik adalah guru yang bersedia belajar dari apa yang telah dilakukannya, melihat dan mengakui kelemahan dan kekuatannya, berdialog dengan dirinya maupun teman sejawat yang seprofesi sebagai guru dan menerima masukan dari berbagai pihak.
Pentingnya refleksi adalah untuk menyempurnakan Rencana Pembelajaran dan proses belajar mengajar. Sehinga siswa mampu memahami pembelajaran yang disajikan, guru memperbaiki kelemahan dan kekurangannya selama proses pembelajaran agar dalam proses pembelajaran berikutnya lebih mantap.

BAB II
TEMUAN-TEMUAN DALAM PEMBELAJARAN

A.    Pertemuan Ke I (satu).
Selasa, 26 Februari 2013
1.      Kelemahan yang saya  temukan selama proses pembelajaran sebagai berikut:
-       Kelemahan saya dalam proses pembelajaran bilangan romawi yaitu alat peraga yang saya gunakan terbatas dan kurang menarik, sehingga agak sedikit menjemukan.
-       Secara  keseluruhan anak terllihat agak sukar memahami yang disampaikan dan terkesaan terburu-buru dalam melaksanakan kegiatan.
2.      Penyebab kelemahan saya dalam pembelajaran bilangan romawi adalah kurangnya alat peraga, dan cara memperbaikinya adalah dengan cara mencari alternatif alat peraga lain
3.      Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah Sebagian besar anak sudah  dapat mencapai  indikator yang diterapkan, suara saya lantang dan jelas, mudah bergaul dengan anak-anak dan menggunakan berbagai metode dalam pembelajaran.
4.      Kelebihan tersebut terjadi karena :
-          Kemampuan penyusunan materi, penataan kegiataan, komunikasi dan penilaian terhadap anak sudah cukup baik dilaksaanakan.
-          Pengalaman yang saya miliki dalam mengajar dan persiapan yang matang dalam pembelajaran
5.      Hal-hal unik yang terjadi selamaa proses pembelajaran adalah :
-          Sebagian anak didik dapat menulis dengan rapi dan bersih.
-         
6
Ada beberapa anak yang sangat cerdas dan cepat dalam menerima pembelajaran, tetapi ada juga anak yang sangat kurang dalam menangkap pembelajaran.
6.      Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan ke 1 rencana saya berikutnya adalah Merubah metode pembelajaran, memilih media yang tepat dan lebih bervariatif serta meningkatkan penguasaan materi.

B.     Pertemuan Ke II (dua)
Kamis, 28 Februari 2013
1.      Kelemahan yang saya  temukan selama proses pembelajaran berbalas pantun yaitu alat peraga yang saya gunakan terbatas dan kurang menarik, sehingga agak sedikit menjemukan, secara  garis besar masih ada anak yang sulit memahami yang disampaikan dan tugas yang diberikan dengaan baik.
2.      Kelemahan tersebut terjadi karena :
Penguasaan materi dan penataan kegiatan  yang digunakan belum  dapat membantu pemahaman anak.
3.      Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah :
Sebagian besar anak sudah  dapat mencapai  indikator yang diterapkan
4.      Kelebihan tersebut terjadi karena :
Kemampuan penyusunan materi,  komunikasi dan penataan terhadap anak sudah cukup dilaksaanakan.
5.      Hal-hal unik yang terjadi selamaa proses pembelajaran adalah :
Sebagian anak didik dapat memecahkan permasalahan meski keliatannya terlihat tidak aktif.
6.      Dengan memperhatikan proses pembelajaran ppada pertemuan ke 2 rencana saya berikutnya adalah Menyusun kembali pengaturan pembelajaran, penataan kegiatan agar sempurna.

    
C.    Pertemuan Ke III (tiga)
Selasa, 5 Maret 2013
1.      Kelemahan yang saya  temukan selama proses pembelajaran :
-          Kelemahan saya dalam proses pembelajaran IPA materi daur air yaitu alat peraga yang saya gunakan terbatas dan kurang menarik, sehingga agak sedikit menjemukan.
-          Masih  ada anak yang sulit memahami yang disampaikan dan tugas yang diberikan.
2.      Kelemahan tersebut terjadi karena :
Penguasaan materi dan penataan kegiatan  yang digunakan belum  dapat membantu pemahaman anak.
3.      Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah :
Sebagian besar anak sudah  dapat mencapai  indikator yang diterapkan.
4.      Kelebihan tersebut terjadi karena :
Kemampuan penyusunan materi,  komunikasi dan penataan terhadap anak sudah cukup dilaksaanakan.
5.      Hal-hal unik yang terjadi selamaa proses pembelajaran adalah :
Sebagian anak didik dapat mengutarakan pengalamannya dengan bahas lisan yang baik.
6.      Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan ke 3 rencana saya berikutnya adalah Merubah pengelolaan kelas  agar lebih baik dan meningkatkan penguasaan materi.

D.    Pertemuan Ke IV (empat)
Kamis, 7 Maret 2013
1.      Kelemahan yang saya  temukan selama proses pembelajaran IPS materi perjuangan para pejuang pada masa penjajahan Belanda Jepang yaitu alat peraga yang saya gunakan terbatas dan kurang menarik, sehingga agak sedikit menjemukan.
2.      Kelemahan tersebut terjadi karena pelaksanaan metode pembelajaran yang belum maksimal sehingga  belum  dapat membantu pemahaman anak.
3.      Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah sebagian besar anak sudah  dapat mencapai  indikator yang diterapkan, sehingga memperlancar proses pembelajaran.
4.      Kelebihan tersebut terjadi karena kemampuan penyusunan materi,  komunikasi dan penataan terhadap anak sudah cukup dilaksaanakan.
5.      Hal-hal unik yang terjadi selamaa proses pembelajaran adalah sebagian besar siswa sudah menguasai materi yang akan diajarkan karena para siswa sudah membaca terlebih dahulu sebelum pelajaran dimulai.
6.      Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan ke-4 rencana saya berikutnya adalah memaksimalkan pelaksanaan metode pembelajaran  agar tepat dan  lebih baik.

E.     Pertemuan Ke V (lima)
Rabu, 13 Maret 2013
1.      Kelemahan yang saya  temukan selama proses pembelajaran Tata Tertib yaitu alat peraga yang saya gunakan terbatas dan kurang menarik, sehingga agak sedikit menjemukan.
2.      Kelemahan tersebut terjadi karena pelaksanaan metode pembelajaran yang belum maksimal sehingga  belum  dapat membantu pemahaman anak.
3.      Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah sebagian besar anak sudah  dapat mencapai  indikator yang diterapkan.
4.      Kelebihan tersebut terjadi karena kemampuan penyusunan materi,  komunikasi dan penataan terhadap anak sudah cukup dilaksaanakan.
5.      Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah Sebagian besar peserta didik dapat menyebutkan tata tertib yang ada di lingkungan rumah da sekolah.
6.      Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan ke 5 rencana saya berikutnya adalah memaksimalkan pelaksanaan metode pembelajaran  agar lebih optimal.


F.     Pertemuan Ke VI (enam)
Kamis, 14 Maret 2013
1.      Kelemahan yang saya  temukan selama proses pembelajaran Gaya adalah
Secara keseluruhan anak yang mengalami kesulitan memahami materi yang disampaikan dan mengerjakan tugas yang diberikan.
2.      Kelemahan tersebut terjadi karena pelaksanaan metode pembelajaran yang belum maksimal sehingga  belum  dapat membantu pemahaman anak.
3.      Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah alat peraga pembelajaran gaya mudah ditemukan di tempat sekitar.
4.      Kelebihan tersebut terjadi karena kemampuan penyusunan materi, komunikasi dan penataan temapt duduk sudah dilaksaanakan.
5.      Hal-hal unik yang terjadi selamaa proses pembelajaran adalah beberapa anak sangat cerdas dan cepat dalam menerima pembelajaran, tetapi ada juga anak yang sangat kurang dalam menangkap pembelajaran.
6.      Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan ke 6 rencana saya berikutnya adalah memaksimalkan metode dan alat peraga pembelajaran  agar lebih optimal dan lebih baik.

G.    Pertemuan Ke VII (tujuh)
Rabu, 20 Maret 2013
1.      Kelemahan yang saya  temukan selama proses pembelajaran adalah kurang bisa mengkondisikan anak yang hiperaktif sehingga mengganggu teman lain pada saat proses pembelajaran.
2.      Kelemahan tersebut terjadi karena anak-anak yang mempunyai sifat hiperaktif kurang dilatih untuk mengendalikan sikapnya tersebut.
3.      Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah sebagian besar anak sudah  dapat mencapai  indikator yang diterapkan.
4.      Kelebihan tersebut terjadi karena kemampuan penyusunan materi,  komunikasi dan penataan terhadap anak sudah cukup dilaksaanakan.
5.      Hal-hal unik yang terjadi selamaa proses pembelajaran adalah sebagian anak didik dapat menemukan hal-hal baru dalam metode diskusi.
6.      Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan ke 7 rencana saya berikutnya adalah memaksimalkan pelaksanaan pembelajaran dengan metode pembelajaran tepat.

H.    Pertemuan Ke VIII (delapan)
Kamis, 21 Maret 2013
1.      Kelemahan yang saya  temukan selama proses pembelajaran Bahasa Indonesia materi Dongeng adalah kurangnya konsentrasi mendengarkan dongeng yang disampaikan guru.
2.      Kelemahan tersebut terjadi karena beberapa anak memiliki tipe visual yang lebih suka membaca daripada mendengarkan.
3.      Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah sebagian besar anak sudah  dapat mencapai  indikator yang diterapkan
4.      Kelebihan tersebut terjadi karena kemampuan penyusunan materi,  komunikasi dan penataan tempat duduk sudah dapat terealisasi.
5.      Hal-hal unik yang terjadi selamaa proses pembelajaran adalah peserta didik suka sekali mendengarkan dongeng tentang  sesuatu hal yang baru meski terkadang hal itu bersifat abstrak.
6.      Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan ke 8 rencana saya berikutnya adalah memaksimalkan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode dan media pembelajaran yang tepat dan baik.

I.       Pertemuan Ke IX (sembilan)
Selasa, 26 Maret 2013
1.      Kelemahan yang saya  temukan selama proses pembelajaran IPS materi Kerja sama adalah secara garis besar masih terdapat anak yang mengalami kesulitan dalam memahami yang disampaikan dan kesulitan mengerjakan tugas yang diberikan dengan baik.
2.      Kelemahan tersebut terjadi karena penguasaan materi masih lemah dan metode yang digunakan belum  dapat membantu pemahaman anak.
3.      Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah sebagian anak sudah  dapat memahami materi dengan baik.
4.      Kelebihan tersebut terjadi karena kemampuan penyusunan materi,  komunikasi dan pengelolaan anak sudah dapat dilaksaanakan.
5.      Hal-hal unik yang terjadi selamaa proses pembelajaran adalah beberapa anak sangat kritis dan mengajukan beberapa pertanyaan tentang materi yang belum dipahami.
6.      Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan ke 9 rencana saya berikutnya adalah memaksimalkan pelaksanaan pembelajaran dengan berbagai metode pembelajaran yang tepat dan variatif.

J.      Pertemuan Ke X (sepuluh)
Rabu, 27 maret 2013
1.      Kelemahan yang saya  temukan selama proses pembelajaran tematik adalah kurangnya keterampilan menyusun pembelajaran tematik sehingga materi yang disampaikan kurang runtut.
2.      Kelemahan tersebut terjadi karena kurangnya persiapan dan perencanaan pembelajaran yang kurang matang sehingga terkesan asal jalan.
3.      Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah sebagian besar anak sudah  dapat mencapai  indikator yang ditetapkan.
4.      Kelebihan tersebut terjadi karena kemampuan penyusunan materi,  komunikasi dan pengelolaan kelas sudah cukup baik.
5.      Hal-hal unik yang terjadi selamaa proses pembelajaran adalah adanya beberapa anak yang sangat kreatif dan mampu membuat bangunan rumah yang disusun dari berbagai bidang datar dengan sangat baik.
6.      Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan ke 10 rencana saya berikutnya adalah membuat pelajaran lebih menarik dan menyenangkan dengan metode dan media pembelajaran yang asyik dan menyenangkan.


K.    Pertemuan Ke XI (sebelas)
Rabu, 3 april 2013
1.      Kelemahan yang saya  temukan selama proses pembelajaran PKN materi Globalisasi adalah anak-anak kurang peka terhadap hal-hal yang bersifat tradisional dan moderen di lingkungan sekitar.
2.      Kelemahan tersebut terjadi karena faktor lingkungan yang masih pedesaan dan pengalaman pribadi siswa yang masih kurang.
3.      Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah kelengkapan media pembelajaran yang mendukung, berupa globe, internet dan alat komunikasi moderen.
4.      Kelebihan tersebut terjadi karena sarana dan prasarana mendukung dalam proses pembelajaran.
5.      Hal-hal unik yang terjadi selamaa proses pembelajaran adalah ada anak yang kelihatan ngantuk dan kurang bergairah ternyata mampu menguasai kompetensi dengan baik.
3.      Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan ke 11 rencana saya berikutnya adalah membuat pelajaran lebih menarik dan menyenangkan dengan metode dan media pembelajaran yang asyik dan menyenangkan.

L.     Pertemuan Ke XII (duabelas)
Jum’at, 5 April 2013
1.      Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran IPA kelas II materi manfaat dan dampak buruk sinar matahari adalah kurangnya alat peraga yang digunakan sehingga pembelajaran kurang menarik.
2.      Kelemahan tersebut terjadi karena kurang tersedianya alat peraga yang memadai, sehingga guru harus mencari alternative alat peraga sebagai pengganti.
3.      Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah anak-anak sudah mampu bekerja sama melakukan praktek.
4.      Kelebihan tersebut terjadi karena materi yang disajikan mudah dan sesuai dengan pengalaman pribadi peserta didik.
5.      Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah anak-anak merasa senang melakukan proses pembelajaran di luar ruangan.
6.       Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan ke 12 rencana saya berikutnya adalah memaksimalkan media pembelajaran yang tersedia dan menambah wawasan metode pembelajaran yang aktif kreatif dan menyenagkan sehingga ke depan pembelajaran akan lebih efektif dan efisien sesuai harapan yang telah direncanakan sebelumnya.



  
BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
1.      Secara umum kelemahan pembelajaran yang saya lakukan adalah lemahnya penguasaan materi, terbatasnya media, pembelajaran sedikit membosankan, dan lemahnya pengolaan kelas.
2.      Secara umum penyebab kelemahan tersebut adalah kurangnya persiapan dalam pembelajaran, kurangnya media pembelajaran yang digunakan dan metode pembelajaran yang digunakan kurang variatif, sehingga proses pembelajaran kurang lancar.
3.      Secara umum kelebihan pembelajaran yang saya lakukan adalah pengucapan dan intonasi yang jelas saat menerangkan materi, penguasaan materi, media pembelajaran alternative, mudah akrab dengan anak-anak dan menghargai perbedaan di kelas.
4.      Secara umum penyebab kelebihan tersebut adalah penyusunan RPP yang matang, persiapan pembelajaran, persiapan alternative media pembelajaran yang mendukung dan mengadakan fariasi dalam proses pembelajaran.
5.      Hal-hal unik yang saya temukan antara lain ada beberapa anak yang sangat cerdas sehingga dapat dengan cepat menerima pelajaran, tatapi ada juga anak yang memang sulit menerima pelajaran meski telah diulang-ulang. Sealain itu beberapa anak sangat kritis, menanyakan hal-hal yang sulit melebihi standar kompetensi yang telah ditentukan.
6.      Rangkuman perbaikan yang telah dilakukan adalah memperbaiki penyusunan RPP, menguasai materi sebelum pembelajaran, menentukan metode dan media pembelajaran yang tepat, mengadakan variasi tempat duduk, membentuk kelompok kecil dan mengadakan bimbingan secara perseorangan maupun kelompok.



15
 
B.     Saran-saran
Agar dapat terus meningkatkan kompetensi guru yaitu mengelola pembelajaran yang mendidik dan berorientasi pada pembelajaran yang menyenangkan siswa, maka penulis merasa perlu menyampaikan saran-saran sebagai berikut :
1.      Guru harus senantiasa berlatih untuk terus meningkatkan kemampuan mengajarnya, karena pembentukan kemampuan mengajar tidak terjadi sekaligus, melainkan melalui proses panjang yang membutuhkan ketekunan dan kesabaran.
2.      Pembimbing hendaknya melakukan komunikasi yang baik dengan pembimbing lain, agar informasi yang diterima mahasiswa sama dan tidak membingungkan sehingga menghambat pelaksanaan kegiatan PKM dan penyusunan laporan kegiatan PKM.
3.      Lembaga tempat ujian praktik PKM sudah cukup baik menerima mahasiswa UT untuk praktek, namun dalam penilaian hendaknya diroling, agar dalam penilaian lebih objektif.

C.    Penutup
Alhamdulillah, berkat karunia dan pertolongan Allah SWT, yang didasari dengan niat dan kesungguhan hati akhirnya penulis dapat menyelesaikan penyusunan laporan pelaksanaan PKM tanpa suatu halangan apapun. Dengan harapan semoga laporan ini dapat memberikan manfaat bagi penulis khususnya dan pembaca pada umumnya. Penulis menyadari sepenuhnya bahwa di dalam penyusunan laporan ini masih sangat jauh dari kesempurnaan, untuk itu demi kesempurnaan dan perbaikan laporan ini kritik dan saran yang bersifat konstruktif, sangatlah penulis harapkan.



 
DAFTAR LAMPIRAN
·         RPP
·         Lembar Refleksi
·         Lembar pengamatan
·         APKG 1
·         APKG 2
·         Berita acara
·         Surat kesediaan teman sejawat
·         Surat rekomendasi kepala sekolah

6 komentar:

  1. saat ini saya sedang ada tugas pkm, tanya dong yang pertama kali dikerjakan bagian yang mana ya, trimss.

    BalasHapus
  2. coba seklaian lampirannya di upload, karna kami blm dapat modul jadi mau lihat contoh lampirannya

    BalasHapus
  3. Minta contoh laporan pkm PPKn dong

    BalasHapus